n

Kecambah
Portal Orange - Siapa yang tak kenal dengan kecambah. Di balik bentuknya yang kecil dan imut, kecambah ternyata menyimpan banyak manfaat kesehatan. Kecambah bahkan disebut sebagai makanan terbaik yang bisa ditambahkan pada makanan apapun.

Masih tak yakin dengan manfaat kesehatan di balik kecambah? Berikut adalah beberapa nutrisi dan manfaat yang terkandung dalam kecambah, seperti dilansir oleh Mag for Women.

1. Kaya serat
Kecambah mengandung banyak serat dan bisa dipastikan bahwa makanan ini akan membantu menghilangkan semua lemak dan racun yang berkumpul dalam tubuh dengan cepat. Kecambah akan membantu mengeluarkan racun tersebut sebelum menempel pada dinding usus. Ini berarti kecambah juga membantu Anda menurunkan berat badan.

2. Kaya protein
Protein yang terkandung dalam kecambah cukup tinggi. Ini karena kualitas protein yang paling tinggi dan terbaik ada pada saat tanaman sedang berkecambah. Karena itu kecambah merupakan makanan yang sehat untuk dikonsumsi.

3. Meningkatkan energi
Kecambah membantu meningkatkan energi. Selain itu, kecambah juga baik dikonsumsi karena membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Kecambah juga membantu orang menjadi lebih aktif dan tidak bermalas-malasan.

4. Dipenuhi nutrisi
Meski bentuknya kecil, namun kecambah dipenuhi oleh banyak nutrisi dan vitamin seperti vitamin A, B kompleks, C, dan E. Proses tumbuhnya kecambah membuat kuantitas vitamin ini semakin meningkat. Hal ini membuat kecambah sangat cocok dikonsumsi oleh semua usia, terutama bagi mereka yang kekurangan vitamin.

5. Mengandung banyak enzim
Kecambah dipenuhi oleh enzim yang bekerja sebagai katalis bagi semua fungsi penting tubuh. Enzim ini berfungsi untuk mengekstrak nutrisi dari makanan dan menyimpannya untuk kepentingan tubuh. Kecambah kaya akan enzim dan karena itu sangat bermanfaat untuk kesehatan.

6. Mengandung asam lemak penting
Kecambah juga mengandung asam lemak penting yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan fungsi tubuh. Asam lemak sangat dibutuhkan dalam diet sehari-hari.

Itulah beberapa manfaat yang terkandung dalam kecambah dan alasan mengapa Anda harus lebih sering makan kecambah. Namun sebelum mengonsumsi kecambah, pastikan kecambah dibersihkan dengan benar karena kecambah yang tak bersih bisa menyebabkan infeksi bakteri. Wanita yang hamil sebaiknya juga menghindari konsumsi kecambah, kecuali kecambah yang sudah dimasak dengan baik dan benar


Sumber

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.